Perkasa Setiap Malam 100% Tanpa Obat
Terima SMS langsung dapat DUIT

Monday, May 14, 2012

Asal-Usul Inspirasi Aneh Kostum Baru Manchester United

[imagetag]

Manchester United telah merilis kostum barunya yang bermotif kotak-kotak. Ternyata, motif tersebut terinspirasi oleh sarung khas Melayu.

Disebutkan bahwa motif kotak-kotak untuk kostum MU tersbut disebut "Gingham" yang terinspirasi dari kata Melayu, "Genggang". Kata tersebut berarti "bergaris-garis" dan mengacu kepada jenis kain khas bangsa Melayu pada abad ke-17.

Menurut sejarahnya, orang-orang Belanda membawa kain bergaris-garis tersebut dari ranah Melayu ke tanah Inggris, tepatnya ke kota tempat industri tekstil berkembang pesat saat itu, yaitu Manchester.

Kota Manchester sendiri adalah sebuah kota penting pada masa revolusi industri lewat pabrik-pabrik tekstilnya. Di kota ini, terdapat pusat pemroses dan pasar katun terbesar di Inggris. Bahkan, sebuah predikat sempat disematkan bagi Manchester, yaitu "Cottonopolis".

Sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah itulah, maka Manchester United dan Nike merilis jersey dengan motif Gingham tersebut.

"Sebuah tribut bagi kain yang sangat termasyhur di dunia, yang menjadi kekuatan Manchester untuk tumbuh dari sebuah pasar kecil menjadi pusat tekstil katun global," tulis pernyataan di situs resmi MU.

Sumber

No comments:

Post a Comment