Perkasa Setiap Malam 100% Tanpa Obat
Terima SMS langsung dapat DUIT

Thursday, May 3, 2012

'Patung Manusia Terumbu Karang' di Cancun Lindungi Koral Alam

[imagetag]

Evolusi Bisu, sebuah proyek yang terdiri dari instalasi 400 patung ukuran manusia di dasar laut lepas pantai Cancun, Meksiko, saat ini menuai hasil yang mengesankan - hampir semua patung-patung ini sekarang telah dihiasi dengan terumbu karang buatan.

Patung kreasi seniman Inggris Jason deCaires Taylor ini berlokasi di bawah air antara Cancun dan Taman Laut Nasional Isla Mujeres dan dirancang untuk mengurangi dampak dari pariwisata tahunan oleh sekitar tiga perempat juta turis. Para peneliti kelautan telah lama mengungkapkan keprihatinan mereka atas bahaya dari aktivitas para turis pada formasi terumbu-terumbu karang natural.

[imagetag]

Oleh karenanya terumbu buatan Taylor dirancang untuk menjauhkan para turis dari terumbu natural...sebuah langkah yang dapat melindungi kehidupan dunia laut sekaligus tidak mencelakai potensi pariwisata. Seniman ini menyelesaikan proyek pemasangan patung-patung ini di akhir 2010 lalu dan baru sekitar setahun lalu menjadi pusat kegiatan tumbuhnya koral-koral (karang) buatan begitu pula sebagai rumah bagi beragam mahluk air.

Patung-patung ini dibuat dengan semen khusus yang memiliki pH netral yang dapat membantu tumbuhnya karang dan demi memenuhi hasrat seninya patung-patung ini menggambarkan kaitan antara seni, ilmu pengetahuan dan lingkungan.

Keuntungan lain dari patung-patung Evolusi Bisu ini adalah si "terumbu manusia" mempromosikan pariwisata bahwa laut yang tadinya sempat mandul dan dapat menarik para petualang atas kesenian yang tak lazim di bawah air. Barisan terumbu di wajah-wajah patung ini dapat terlihat menakutkan tapi tetap saja membuat turis terus berdatangan.

a5tut1 04 May, 2012

No comments:

Post a Comment