Tuesday, February 7, 2012

Benarkah Cinta Pertama Selalu Berakhir dengan Putus Cinta?

Artikel ini saya angkat untuk menjadi bahan renungan buat kita semua. Saya rasa semua kita pernah merasakan yang namanya cinta pertama. Cinta pertama biasanya dialami di masa remaja, dan lebih berorientasi pada keindahan fisik, kecantikan dan ketampanan maupun fisik yang bagus. Kisah-kisah cinta pertama itu biasanya terjadi di masa SMP, SMA dan di awal masa perkuliahan.

Namun tidak jarang cinta pertama itu berakhir dengan putus cinta. Sebagiannya disebabkan karena salah satu atau kedua pasangan tertarik dengan cewek atau cowok lain, bisa juga karena cinta segitiga, ketahuan selingkuh, karena tidak tahan dengan perilaku pacar, atau karena pindah sekolah atau lulus sekolah.

Lalu benarkah cinta pertama itu selalu berakhir dengan putus cinta?
Beberapa waktu lalu saya pernah melakukan survey sederhana dengan sample 100 orang responden secara online melalui blog ini. Dari survey itu, 86,3% responden mengaku pernah merasakan cinta pertama di masa SMP, SMA dan masa kuliah. Sisanya 13.6 % mengaku hanya bertepuk sebelah tangan dan 0,1% mengaku belum pernah merasakan cinta pertama. Responden rata-rata berusia 20- 22 tahun.

Dari 86,3 % yang mengaku sudah merasakan cinta pertama, 93,7% mengaku sudah putus sama sekali, 4,6% mengaku sudah lama putus namun nyambung kembali, sedangkan 1,7% menyatakan langgeng hingga menikah. Sampel yang mengaku cinta pertamanya langgeng hingga jenjang pernikahan mampu mempertahankan cinta mereka karena begitu lulus sekolah mereka langsung menikah. Ada juga karena cinta pertama mereka di bangku kuliah dan langsung menikah.

Dari survey di atas dapat saya simpulkan bahwa sebagian besar cinta pertama selalu berakhir dengan putus cinta sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Ketidakstabilan emosi dan psikologis jiwa muda yang selalu ingin tahu menjadi factor penyebab tidak langgengnya jalinan kasih mereka. Pada sampel di atas, 2 responden berhasil membawa jalinan kasih mereka ke jenjang pernikahan karena begitu mereka mendapatkan cinta pertama, mereka tidak menunggu terlalu lama dan cepat membawanya ke jenjang pernikahan. Jadi dari survey tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar orang yang pernah merasakan cinta pertama berakhir dengan putus cinta. Bagaimana dengan anda?

http://www.artikelsuamiistri.com/2012/02/benarkah-cinta-pertama-selalu-berakhir.html

No comments:

Post a Comment