Perkasa Setiap Malam 100% Tanpa Obat
Terima SMS langsung dapat DUIT

Wednesday, May 16, 2012

Inilah Istana Potala, Mutiara Yang Terletak di Atap Dunia

Salah satu peninggalan warisan budaya dunia yang memiliki nilai arsitektur yang tinggi adalah Istana Potala. Lalu seperti apakah tempat yang bak mutiara di atap dunia ini?

[imagetag]

Istana Potala merupakan sebuah bangunan bertingkat paling besar yang ada di Tibet. Tempat ini terletak di bukit merah, pusat kota Lhasa, Tibet. Sebab itulah Istana Potala pada waktu itu disebut sebagai Istana Bukit Merah.
Potala mulai dibangun pada masa kekuasaan Songtsan Gambo, Dinasti Tibet pada abad ke-7 Masehi. Mulai saat itu Istana Potala menjadi pusat politik, agama, sekaligus menjadi tempat tinggal bagi Dalai Lama dari zaman ke zaman.
Dua abad kemudian, kharisma istana ini hancur lebur lantaran Tibet terjerumus dalam sebuah kekacauan perang yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Istana Bukit Merah pun kemudian berangsur-angsur mulai terbengkalai.
Baru pada pertengahan abad ke-17, Potala dibangun kembali oleh Dalai ke-5. Renovasi istana berjuluk 'Mutiara di Atap Dunia' ini menghabiskan waktu kurang lebih selama 50 tahun. Pembangunan dilanjutkan selama tiga ratus tahun dengan berbagai penambahan dan perluasan.

Berikutnya

No comments:

Post a Comment