Saturday, January 21, 2012

Dua Manfaat Utama Hormon Testosteron

Testosteron adalah hormon steroid yang diproduksi di testis pada pria dan di ovarium pada wanita (dalam jumlah yang terbatas testosteron pada wanita juga diproduksi dalam kelenjar adrenal). Testosteron memiliki dua fungsi utama dalam tubuh manusia, yaitu:


Testosteron diperlukan untuk membentuk sekaligus menjaga organ seks pria dan membentuk karakteristik seksualitas sekunder pada laki-laki seperti suara yang menjadi lebih berat dan pertumbuhan rambut pada daerah tertentu tubuh saat memasuki masa pubertas. Manfaat testosreon dalam hal ini adalah untuk menjalankan fungsi-fungsi androgenik.

Testosteron juga memfasilitasi pertumbuhan otot serta mengembangkan dan memelihara tulang. Manfaat testosteron dalam hal ini adalah hasil dari fungsi anabolik.
Produksi testosteron diatur oleh hormon yang dilepaskan di otak. Kelenjar hipotalamus dan hipofisis yang terletak di otak menghasilkan sinyal-sinyal hormon yang pada akhirnya menyebabkan produksi testosteron. Hipotalamus terletak tepat di atas batang otak, dan di antara banyak fungsinya, ia juga menghasilkan hormon gonadotropin releasing (GRH).

GRH kemudian melakukan perjalanan jarak pendek ke kelenjar pituitari, yang terletak di dasar otak, dan merangsang kelenjar ini untuk melepaskan FSH (follicle stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone). Hormon-hormon ini melakukan perjalanan melalui aliran darah untuk mengaktifkan organ-organ seks pada pria dan wanita. Selanjutnya, hormon-hormon ini memiliki peran dalam mengatur kadar testosteron dalam aliran darah.

Umumnya testosteron berada di dalam darah dan terikat dengan protein pembawa (banyak hormon yang diproduksi pada satu area tubuh memiliki protein pembawa yang akan membantu perjalanan hormon tersebut melalui aliran darah ke area lain dalam tubuh). Pada kasus testosteron, protein pembawanya disebut Sex Hormone Binding Globulin atau SHBG.


Olahraga meningkatkan testosteron
Testosteron yang terikat pada SHBG tidak memiliki manfaat apa-apa, hanya testosteron bebas dan tidak terikat saja yang dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh dan menciptakan efek androgenik dan anabolik yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, apa-apa saja yang mempengaruhi fungsi atau jumlah SHBG juga akan mempengaruhi jumlah total testosteron aktif dalam tubuh.

Kekurangan testosteron dapat menyebabkan kehilangan gairah seks, alat kelamin tidak sensitif dan sulit mencapai orgasme. Beberapa obat juga menyebabkan produksi hormon testosteron menurun. Testosteron rendah juga menimbulkan rasa lelah, perasaan tidak bersemangat, stres, dan suasana hati tidak bergairah.

Dr. Abraham Morgentaler, penulis buku Testosteron for Life menyebutkan orang-orang yang kekurangan testosteron bebas terkait langsung dengan usia yang pendek dan tingginya risiko penyakit diabetes, kegemukan dan masalah-masalah pada jantung.

Manfaat hormon testosteron pada umumnya berkaitan dengan hormon seks pria. Produksi hormon ini berhubungan langsung dengan faktor usia, gejala penurunan produksi testosteron pada pria berusia tua disebut Andropause yang menyebabkan gairah seks jauh berkurang. Untuk meningkatkan kadar hormon testosteron, para pria bisa mengkonsumsi suplemen tertentu seperti Provacyl, melakukan diet, olahraga dan istirahat yang cukup.

Dua Manfaat Utama Hormon Testosteron

No comments:

Post a Comment