Tuesday, June 5, 2012

Kaktus Langka Ditemukan di Kuba

[imagetag]

Prensa Latina melaporkan bahwa baru-baru ini para ilmuwan di Kuba menemukan jenis kaktus langka yang eksotis, namun berbahaya, bernama Opuntia stricta.

Berdasarkan keterangan Carlos Acevedo, seorang ahli biologi di Center of Coastal Ecosystem Research di Cayo Coco, tanaman ini ditemukan di pantai kepulauan Gulf of Ana Maria di Jardines de la Reina yang terletak di sebelah Selatan provinsi Ciega de Avila.

Selama perjalanan di kepulauan tersebut untuk mempelajari karakterisasi flora laut dan darat, para ilmuwan berhasil mengidentifikasi kaktus yang tumbuh di pantai berpasir tersebut.

Acedevo menyayangkan pertumbuhan tanaman ini karena keberadaan dan pertumbuhannya yang cepat akan segera menginvasi pertumbuhan tanaman asli dan ekosistem alami yang ada di pantai tersebut.

Berdasarkan Times of India, Jardines de la Reina dianggap sebagai salah satu ekosistem laut terbaik yang dijaga karena penangkaran serta pelestarian terumbu karang.

Hingga saat ini, Kuba telah mencatat sekitar 322 tanaman invasif yang dianggap membahayakan kelestarian ekosistem asli dan merusak keanekaragaman hayati di sana. Salah satunya adalah kaktus tersebut, yang jika dibiarkan tumbuh dengan cepat maka kemungkinan besar bisa berpengaruh pada kualitas tanah, air, dan pantai.

No comments:

Post a Comment